Ade Rezki Pratama dan Kemnaker Gelar Pelatihan Vokasi dan Pemagangan

banner 468x60

AGAM,Andalas Raya News | Menggandeng Kementerian Tenagakerja (Kemnaker) RI, Ade Rezki Pratama, Anggota DPR RI Komisi IX DPR RI lakukan kegiatan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan. Kegiatan ini dilaksanakan di Hall Bulu tangkis Nagari Bukik Batabuah, Kec. Canduang Kab Agam, Minggu (26/11).

Ade Rezki Pratama menyebutkan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk mencari solusi atas tingginya kesenjangan antara angka pencari kerja dan angka kesempatan kerja.

“Kesenjangan antara pencari kerja dan lowongan kerja merupakan persoalan serius yang harus kita hadapi bersama. Melalui kegiatan pelatihan vokasi dan pemagangan ini, diharapakan masyarakat bisa mendapatkan informasi dan wawasan terkait program Kemnaker untuk mengatasi persoalan ini,” ujar Ade Rezki.

Ia menuturkan bahwa kemnaker memiliki program BLK (Balai Latihan Kerja) yang menurutnya bisa menjadi salah satu solusi untuk menekan angka pengganguran di Sumatera Barat termasuk di Agam.

“BLK tidak hanya memberikan pelatihan vokasi, Kemnaker juga menyalurkan alumni BLK ke berbagai perusahaan baik di dalam dan di luar negeri. Selain itu Kemnaker juga mendorong alumni BLK untuk mampu berwira usaha,” tambahnya.

Ade Rezki menambahkan bahwa pemerintah juga memberikan berbagai stimulus untuk terus mendorong agar serapan tenaga kerja tinggi dan pengangguran bisa terus ditekan.

Senada dengan itu, Beny Hardiansyah, Koordinator Promosi dan Kerjasama Kemnaker RI dalam kegiatan sosialisasi Pelatihan Vokasi dan Pemagangan menyebutkan selain BLK yang diselenggarakan oleh Kemnaker masyarakat juga bisa memanfaatkan program BLK Komunitas untuk mendapatkan vokasi.

“Kita harus mendorong komunitas untuk membangun BLK komunitas untuk menambah kantong-kantong vokasi. Dari 2.700 BLK Komunitas, di Sumbar jumlahnya tidak lebih dari 15 unit, tentu ini sangat disayangkan. Padahal potensi BLK Komunitas untuk mengatasi persoalan pengangguran sangat besar,” tambahnya.

Ia juga menyebutkan BLK Komunitas bisa diusulkan oleh berbagai pihak semisal serikat pekerja, lembaga keagamaan, pesantren, dan kelompok masyarakat.

“Selain vokasi, ada banyak stimulus dari pemerintah untuk BLK Komunitas. Jadi peluang ini sangat sayang untuk dilewatkan,” tutupnya.

Liputan : Sulthan Indra

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60