Tekan Angka Penganguran, Ade Rezki Pratama imbau Masyarakat manfaatkan Program Vokasi

banner 468x60

Agam,andalasrayanews-Untuk tekan angka penganguran Ade Rezki Pratama anggota komisi IX DPR RI imbau masyarakat untuk manfaatkan program pelatihan vokasi dari Pemerintah melalui Kemnaker. Hal ini disampaikan oleh Ade Rezki dalam kegiatan Sosialisasi Pelatihan Vokasi dan Pemagangan yang dilaksanakan di kantor Wali Nagari Pakan Selayan Kec.Banuhampu Kab. Agam, Minggu (3/12/2023).

“Secara nasional, pada hari ini, angkatan kerja kita berjumlah sekitar 143 juta orang. Sekitar 135 juta telah bekerja dan 8,42 juta merupakan pencari kerja,” ujarnya.

Ia juga menerangkan bahwa saat ini pertumbuhan angkatan kerja tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan lapangan pekerjaan.

“Angkatan kerja yang bisa bersaing di dunia kerja, baik lokal dan global, tentu kita membutuhkan Vokasi, membutuhkan soft skill dan keterampilan,” ujar Ade.

Ia juga mamastikan bahwa negara hadir untuk mengatasi persolan kesenjangan lapangan kerja dan angkatan kerja.

“Pemerintah saat ini menyediakan Vokasi melalui Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan daya saing di dunia kerja. Melalui BPVP pemerintah menyediakan program peningkatan Vokasi yang akomodasi ditanggung oleh pemerintah. Sesudah selesai mengikuti Vokasi, peserta pun akan disalurkan ke dunia kerja,” ujar Ade

Lebih jauh ia menerangkan BPVP dalam penyaluran magang atau penyaluran kerja telah terkoneksi dengan berbagai perusahaan di dalam dan diluar negeri.

Sementara itu, Ghufron Akbari Wardana Talent Corner BPVP Kemnaker RI menyebutkan melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan masyarakat semakin memahami program pemerintah untuk menekan angka penganguran.

“Pemerintah hadir dan tidak berlepas tangan untuk persoalan penganguran ini. Secara nasional sudah ada 80.000 peserta yang sudah diakomodir untuk Vokasi dan pemagangan,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa pemanfaatan program ini oleh masyarakat Sumbar masih dalam kategori rendah.

“Untuk Sumbar sendiri secara jumlah masih sedikit yang memanfaatkan program ini. Karena itu melalui kegiatan ini kita akan terus mendorong masyarakat Sumbar untuk terlibat dalam program ini,” ujarnya.

Liputan : Sulthan Indra

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60